Graph Coloring Problem

Udah pernah dengar graph coloring problem? nah kalo blum pernah bisa liat di Wikipedia. Graph coloring ini paling umum digunakan untuk pewarnaan region, dimana untuk setiap region yang berdampingan tidak boleh diwarnai dengan warna yang sama contohnya pewarnaan pada peta/map. Pada aplikasi bisnis graph coloring juga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah penjadwalan jadi cukup bermanfaat untuk dipelajari.

Seminggu yang lalu kebetulan dapat tugas dari dosen untuk masalah ini. Akhirnya seperti biasa aku coba implementasi dalam sebuah aplikasi simulasi sederhana dengan menggunakan algoritma Greedi.

Untuk menampilkan Graphnya aku menggunakan bantuan librarty gratis jGraph. jGraph dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis graph tentunya.

Yang butuh source codenya silahkan download dari link di bawah ini (Update)

Download

50 Responses to Graph Coloring Problem

  1. indra asmara says:

    Pak Hendro..
    saya minta source codenya donk tentang penjadwalan menggunakan graf coloring menggunakan program java..
    tolong kirim ke email saya..
    asmara_indra33@yahoo.com
    terima kasih banyak pak…

  2. Hendro Steven says:

    ini bukan aplikasi penjadwalan tapi hanya simulasi graph colouring problem dengan algoritma greedy

  3. adeka says:

    suka nih aku,,
    ku mo blajar donk ttg pwarnaan graph ini,,
    mo buat Tugas Akhir gtu..
    tengs bantuannya…

  4. yunus says:

    assalamu’alaikum..
    saya mau source code nya dunk pak hendro..ya buat belajar2 aja..waktu semester 4 sih saya dah dapet ttg materi pewarnaan graf..nah, untuk mengingat2 kembali sekaligus sekalian belajar pemrogramannya, tolong dikirimin ya pak source code nya ke email saya..

    makasih paak…
    semoga terus bertambah ilmunya dan tentunya bermanfaat..aamiin..

  5. yunus says:

    assalamu’alaikum..
    mav pak,saya lupa ngasih email saya..ini emailnya pak:
    yunus_222@yahoo.com

    terima kasih..

  6. ahmad says:

    assalamu’alaikum..
    saya mau source code nya dunk pak hendro..pemrogramannya, tolong dikirimin ya pak source code nya ke email saya..
    ahmedhideung@yahoo.com

    makasih paak…
    semoga terus bertambah ilmunya dan tentunya bermanfaat..aamiin..

  7. adzom says:

    mas hendro pliss kirim ke emailku dunk…
    mau bljar ne….

    makasih ya.
    dtunggu threat yang lain…
    sukses….

  8. assalamualaikum..
    saya juga sedang belajar tentang grafnya..
    boleh minta batuan
    saya mau source code nya pak hendro..pemrogramannya, tolong dikirimin ya pak source code nya ke email saya..
    unique.qwe@gmail.com

  9. lulu says:

    assalamualaikm ..mas hendro
    saya boleh minta source codenya ???
    di c++ ataupun di java …
    email saya lulu_chester91@yahoo.com
    terimakasih

  10. faqih says:

    maaf ganggu pak? boleh mnta sourcecodenya g? terima kasih pak? ni e-mail saya: drk_n93l@yahoo.com

  11. zata says:

    boleh donk mnta share source code nya .. hehe pengenn nyobaa .. makasiih ya pak

    emailku : zataconandoyle@gmail.com

  12. onno says:

    ditunggu,,makasih

  13. Hendro Steven says:

    Untuk yang mau source codenya silahkan download di http://rapidshare.com/files/384130835/Graph.zip.html

  14. IdeGue! Blog says:

    keren..!!
    salam kenal yaa…
    semoga saya bisa banyak belajar dari sini…
    :))

  15. Hendro Steven says:

    silahkan di sedot…

  16. nugroho says:

    askum pak.
    pak link rapidsharenya knp kug g’ bz d’ download (error pak).

  17. nugroho says:

    sebelum’x 5f klo ngerepot’n…

    pak, bpk punya program untuk mencari jarak terpendek g’ , klo ada d’ share dong pak tw krim k’ email saya

    enugmax@yahoo.com

    terima kasih pak

  18. nugroho says:

    magsudnya program graf pak.

  19. Hendro Steven says:

    @nugroho: ??????? maksud pertanyaannya apa ya???

  20. Hendro Steven says:

    @nugroho: maap, gak punya…

  21. Hendro Steven says:

    Coba yang ini, soalnya maksnya 10x download http://rapidshare.com/files/405312028/Graph.zip

  22. ika says:

    pak, minta source code penjadwalan menggunakan graf.
    makasih.
    ika.k03@gmail.com

  23. Hendro Steven says:

    @ika: gak punya..

  24. zakie says:

    Pak hendro, saya uda berkali2 coba download tapi tetap error juga…jika diizinkan bolehkah saya meminta source code/program aslinya??? saya mau mempelajarinya pak…. email saya: zakiealfarisy@yahoo.co.id terima kasih pak sebelumnya…salam hangat

  25. arya says:

    maaf pak tapi linkx ud dhapus tu kayakx….
    tlng kirim ke email ku y pak
    ari.agus2308@gmail.com

  26. muhammad sonhaji says:

    assalammualaikum
    saya mahasiswa Unpad sedang belajar Program Java tentang graph colouring problem
    untuk bahan skripsi saya
    tetapi kok file di http://rapidshare.com/files/405312028/Graph.zip tidak lagi tersedia.
    saya sangat berterimakasih bila Anda bisa mengirimkan file ini ke alamat e-mail saya ini.
    sonhaji_m@yahoo.co.id

  27. binsar says:

    salam knal pak..

    saya bisa minta source code/program aslinya ga pakk??? aya mau mempelajarinya pak soalnya berhubngan dengan T.A saya pak…
    😀

    email saya : santoz82@rocketmail.com

    mkasih sebelumnya..

  28. Hendro Steven says:

    terkirim cek inbox

  29. blackreavers says:

    saya boleh minta tidak source code nya pak hendro ? saya juga mendownload di rapidshare tetapi sudah tidak bisa , ini email saya : roby_9juh@yahoo.com , terima kasih banyak pak hendro !!!!

  30. indra says:

    wah cukup bagus program nya. link rapidshare udah gak bisa .
    Boleh kirim ke email saya gak pak. tirta.internisti90@gmail.com

  31. Angga says:

    Saya Minta Source Codex dunk pak,,karena buat bahan TA
    bisa kirim email Angga_holick@yahoo.com

  32. cahyagunawan says:

    Pak boleh minta source codenya , buat belajar pak … ini email saya kucaynroll@yahoo.com

  33. pray says:

    maaf pak link yang diatas tidak bisa diakses, klo boleh source codenya bisa dikirim ke gardiansyah270591@gmail.com
    terima kasih sebelumnya pak..

  34. Reza says:

    maaf pak boleh saya bertanya
    kalau program bapak kan pewarnaan node yah
    kalau saya mau membuat program pewarnaan sisi seperti apa yah pak?
    konsep dan algoritmanya seperti apa yah pak?
    terimakasih 🙂
    tolong balas ke email saya

    reza_alkahfi@yahoo.com

  35. Reza says:

    pak cara masang librarynya gmn yh??
    kog tetep eror yh 😦

  36. Aditx says:

    saya juga minta pak link sourcenya, mau ikut belajar 🙂 mail@aditx.web.id

  37. Hendro Steven says:

    klik kanan pada projectnya, pilih properties cari librarynya diperbaiki dengan path library yang baru

  38. Hendro Steven says:

    sisi apa nih maksudnya?

  39. roi fahreza says:

    maaf bapak …pak saya sudah download di http://www.jgraph.com/jgraph.html dan di project sudah saya tambahkan libararynya tapi kok masih ada error
    import org.jgraph.JGraph;
    import org.jgraph.graph.DefaultCellViewFactory;
    import org.jgraph.graph.DefaultEdge;
    import org.jgraph.graph.DefaultGraphCell;
    import org.jgraph.graph.DefaultGraphModel;
    import org.jgraph.graph.DefaultPort;
    import org.jgraph.graph.GraphConstants;
    import org.jgraph.graph.GraphLayoutCache;
    import org.jgraph.graph.GraphModel;
    mohon bantuanya pak

  40. Hendro Steven says:

    errornya apa?

  41. mirna says:

    saya source codenya donk,,,

    buat tgas akhir saya tentang sistem penjadwalan mata pelajaran menggunakan graf vertex,
    pakk jva destop

  42. mirna says:

    saya mntak saya source codenya donk,,,

  43. mirna says:

    kalau boleh krim ke email saya y pak,,
    saya mohon buat tgs akhir saya yang bulan nie harus sidang,,

    mirnautari@ymail.com

  44. wahyuni says:

    pak hendro,,,boleh minta programnya pewarnaan graf untuk penjadwalan mata kuliah.
    kirim k email saya ya pak
    engalt@yahoo.com
    terima kasih

  45. minta link file sourcode nya dong pak ke email mananmaulana1@gmail.com

  46. firebot10 says:

    siang pak hendro, boleh minta source codenya ?
    mau saya jadikan referensi untuk belajar java

    minzkagamine28@gmail.com

  47. imam says:

    maaf pak, apakah saya boleh minta source codenya pak ? kalo boleh saya minta dikirim ke email saya pak karena linknya sudah mati. email saya blacklist911211@gmail.com

Leave a comment