jTechnopreneur

2 Minggu yang lalu di UKSW salatiga dan di UGM Yogyakarta berlangsung seminar jTechnopreneur. Acara ini ditujukan bagi semua pihak baik developer/programmer, manager, pemilik perusahaan, dan secara khusus bagi mahasiswa. Kebetulan saya menjadi pembicara dalam acara ini. Kegiatan di Salatiga didominasi oleh mahasiswa FTI UKSW dan juga beberapa peserta dari semarang termasuk di dalamnya programmer dan manager dari beberapa perusahaan swasta di Semarang. Di Jogja acara ini didominasi oleh mahasiswa MIPA UGM tentunya dan mahasiswa-mahasiswa dari kampus lain seputar Jogja.

Seminar ini tujuannya adalah untuk menjelaskan mengapa kita layak investasi untuk belajar Java atau menggunakan Java sebagai solusi. Dalam seminar ini dipaparkan aspek teknis kelebihan Java dibanding teknologi lainnya, kemudian aspek lainnya yang menyebabkan Java itu lebih unggul. Aspek lain itu antara lain Komunitas penggunanya yang aktif dari seluruh dunia.

Selain itu dijelaskan juga tentang program JENI (Java Education Network Indonesia). Dimana JENI merupakan lembaga yang menyediakan materi belajar Java dengan gratis. JENI juga menyelenggarakan sertifikasi Java dengan harga yang sangat murah.

Di sesi terakhir dari seminar ini dijelaskan bagaimana posisi market Java di dunia, serta peluang-peluang bisnis atau usaha untuk menjadi technopreneur dengan memanfaatkan teknologi Java dan OSS lainnya.

jTechnopreneur 2008 untuk Jawa Tengah dan DIY memang sudah selesai. Tetapi tentunya tidak berakhir sampai disini. Dalam waktu dekat dan masih berhubungan dengan acara ini, akan diadakan Java Roadshow dari kampus ke kampus di Jateng dan DIY. Kegiatan ini dimulai dengan membentuk Java Kampus Link melalui milis jug-joglosemar yang sedang berjalan.

Saya berharap dengan rangkain acara ini maka wawasan kita akan terbuka mengenai Java terutama mengenai peluang-peluang di masa yang akan datang yang berhubungan dengan teknologi Java. Selain itu untuk jangka panjang diharapkan Indonesia dapat menghasilkan developer-developer yang berkualitas dan diakui dunia tentunya..

I hope…

🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: