Membuat JFrame Tampil Di tengah Layar

Umumnya kalo kita membuat aplikasi desktop, saat aplikasi dijalankan maka window atau frame akan tampil tepat ditengah layar monitor seperti contoh aplikasi pada gambar di bawah ini.

center.jpg

Di dalam Java Swing mungkin belum ada property yang dapat kita atur langsung untuk melakukan hal ini, kita haru membuat kode sendiri untuk keperluan ini. Berikut ini adalah potongan code untuk membuat Frame tampil tepat ditengah layar monitor.

Anggap aja saya mempunyai sebuah Frame dengan nama LoginFrame :

public class LoginFrame extends javax.swing.JFrame {
public LoginFrame() {
// ... code lainnya
Dimension screenSize = Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize();
Dimension frameSize = getSize();
setLocation(
(screenSize.width - frameSize.width) / 2,
(screenSize.height - frameSize.height) / 2);
}
//code-code yang lain

}

Sederhana bukan?? happy conding🙂

25 Responses to Membuat JFrame Tampil Di tengah Layar

  1. ujang says:

    ternyata apa yang bung bilan itu ga semudah apa yang tertera pada posting anda,, dan semua itu bohoooooooong besar ,,, dan itu sebuah kebohongn public,,,, bls

  2. Vyor says:

    @Ujang :
    Kayaknya ga ada masalah dengan coding bung Hendro tuh !!!!
    Perlu diketahui bahwa coding yang diposting itu tidak semua ditulis karena untuk membuat tampilan diatas bukan cuma coding itu aja yang diketik.
    Alasan diltulis potongan seperti itu biar langsung pada bagian yang dibahas saja.

    OK !!!!
    Semoga dipahami.

  3. Hendro Steven says:

    Halo mas/bpk Ujang🙂
    Mohon maaf kalo ternyata postingan saya masih menyulitkan bagi anda dan saya mau tanya kebohongan saya dimana ya?. Asumsi saya mungkin anda punya cara yang lebih baik, kalo iya.. boleh dunk saya dan pembaca lain diberi tahu cara yang lebih baik.. pasti saya dan pembaca yang lain akan sangat senang dan berterima kasih🙂 atau asumsi saya yang kedua anda kesulitan mencoba contoh ini? kalo iya silahkan ajukan pertanyaan, kesulitannya dimana? atau mungkin bisa kirimkan potongan program anda supaya saya atau pembaca yang lain bisa bantu. Tentunya saya akan bantu semampu saya dan saya janji tidak akan berbohong pada anda ataupun pada “publik”😉 berbohong itu dosa😀

  4. Fritz says:

    Mas/Bpk Ujang :
    Saya sebagai pemula yang sedang belajar JAVA juga merasa klo potongan coding diatas tidak ada yg salah…Mungkin Anda belum membuat project yg sesuai atau Class yg Anda buat berbeda.Jadi, saran saya lebih baik Anda tidak langsung men-judge secara sepihak bahwa coding yg Mas Hendro berikan ‘salah’.Cek terlebih dahulu program Anda mungkin ada kesalahan pada nama Class nya.OK.Selamat mencoba!!!

    Buat Mas Hendro,thx ya atas bantuan upload2 codingnya yg sangat berguna dalam mempelajari JAva…

  5. JimmY says:

    Pak. Hendro, saya coba coding bapak , tapi utk
    Dimension frameSize = getSize(); kok hasil nya width =0 dan height=0 kok gak dpt koordinat dari frame yg saya buat, shg hasilnya kurang ketengah

    trims

  6. Robert says:

    Iya, ternyata bisa ya muncul di tengah gitu… =p

    Thanks banget buat mas hendro buat sharingnya…
    Sering2 bagi ilmu ya mas… ^_^

  7. ace says:

    mmm…. saya sudah buat seperti diatas, tetapi tidak muncul ditengah. mungkin ada yang salah dengan coding saya… setelah saya otak atik, ternyata bisa… hore…… width sama height nya saya bagi 6, bukan di bagi 2 . btw makasih buat coding dan sharing nya

  8. Indra says:

    Mas Tanya bagaimana cara mengatur button pada titlebar seperti hiden tombol minimize, dan restore

  9. Auriza says:

    Alternatif saja, saya sering memakai code ini untuk center frame:

    public LoginFrame {
    initComponents;

    // center the screen
    setLocationRelativeTo(null);

    …….
    }

  10. erwa says:

    Bung hendro, jangan terpengaruh sama yg namanya ujang, dia mah kagak ngerti java, code Bung hendro ga ada masalah tuh , ok ok aja!!!!!!!!!!!!

  11. arnold says:

    wah bisa minta petunjuk ga ? say ingin buat aplikasi dengan java tapi say kesulitan mencari ide tolong dong bantuin

  12. Hendro Steven says:

    petunjuk apa??

  13. adi says:

    mas gimana cara membuat tulisan yang bisa tampil di blog tanpa manual tetapi membuat database dulu baru tulisan tersebut tampil di blog kita?mhn peunjuknya

  14. nick says:

    thanks gan info nya…
    membantu banget.

    berhasil buat gua.

  15. nick says:

    bro ada scrip buat jam analaog gag???
    butuh banget nie.
    kalo bisa yg kecil2 aja untuk d masukin k program ku.

    thanks.

  16. Hendro Steven says:

    @nick: sama..sama..

  17. MOM says:

    mas bisa buatin form menghitung luas dan keliling segitiga ga?
    pake netbeans gunain jframe (source code sama design nya ada di satu jendela jframe)
    tolong donk … buat 3 april nih… ke emelku donk mas…
    Balas

  18. MOM says:

    ini mas tampake itu yah… mas buatin….

  19. Hendro Steven says:

    weks?? tugas kuliah buat sendiri dunk…😦

  20. MOM says:

    hmmmm…. sourcecodenya aja deh…
    mau yah…

  21. Rofianto says:

    wah, kodenya kepanjangan tuh…
    pakek
    setRelativeTo(null);
    juga bisa brow..
    gampang..

  22. Ayu says:

    kalo template jFrame yang dibuat waktu program di jalankan ternyata ukuran melebihi lebarnya layar komputer,, itu bagaimana menyikapinya?? terus pada jFrame lain memiliki ukuran yang berbeda-beda,, saat akan di integrasikan menjadi satu.. biar ukurannya selaras besarnya bagaimana yaa?? terimakasih

  23. Thanks infonya..😀
    Mau tanya dong,, Saya kan udah belajar dikit2 gui java,, connect ke database,, trus materi yg bagus buat di pelajarin apalagi yah? ada masukan?

  24. Hendro Steven says:

    Halo Albertus, untuk lebih lanjut bisa coba ORM misalnya Hibernate atau JPA

  25. Ahmad Arief says:

    Kalau di running sebagai form tunggal, bisa muncul di tengah pak. Kalau di running sebagai form login dari form utama, munculnya tidak ditengah.

    Saya menggunakan Eclipse. Kalau di Netbeans saya pakai:

    setLocationRelativeTo(fLogin.this);

    Trims.

Leave a Reply

