Journey to Hibernate (part 1)

Saya pingin skali nulis tentang Hibernate, mulai dari pengenalannya sampai nanti studi kasusnya. Tulisan ini saya akan bagi jadi beberapa bagian, kalo dah capek ngetik bersambung ke tulisan berikutnya🙂 Jadi bersabar ya..

Object Relational Mapping

Bagi para programmer mungkin pernah mengalami dimana sebuah aplikasi database yang dibuat dan sudah hampir selesai ternyata harus mengalamai perubahan pada struktur databasenya. Jika hal ini terjadi maka mau tidak mau aplikasi tadi harus direfactor (dilakukan perubahan) khususnya bagian program yang berhubungan dengan database. Ratusan atau bahkan ribuan baris kode program khususnya perintah-perintah SQLnya harus disesuaikan dan dites lagi. Tentunya ini bukan merupakan perkerjaan yang menyenangkan dan sudah tentu tidak efisien karena akan memakan waktu yang relatif lama.

Object Oriented Programming (OOP) adalah sebuah paradigma pemrograman yang menggunakan object untuk medesain aplikasi. Dengan pendekatan OOP desain sebuah aplikasi menjadi lebih mudah. Sebagai ilustrasi misalnya ada kasus berikut: “Seorang mahasiswa dapat mengikuti 1 atau lebih matakuliah”. Maka, dengan pendekatan OOP dapat digambarkan objek-objek dalam diagram kelas sebagai berikut:

hbm1.jpg

Jika diimplementasikan dalam relational database maka akan diciptakan table-tabel berikut beserta dengan relasinya

hbm2.jpg

 

Dari gambar diagram kelas dan relasi database di atas, terlihat bahwa ada perbedaan antara OOP dengan Relational Database. Pada diagram kelas hanya terdapat 2 buah objek yang digunakan, sedangkan pada relasi database terdapat 3 tabel untuk kasus di atas.

Dengan OOP mendesain aplikasi menjadi lebih mudah, tetapi sebaliknya tidak mudah diimplementasikan dalam program. Pada kasus di atas apabila akan diciptakan sebuah objek Mahasiswa, maka kode program dibuat sedemikian rupa untuk membaca isi database dari 3 tabel tersebut, kemudian data tersebut dikonversi menjadi objek Mahasiswa baru kemudian dapat digunakan dalam aplikasi. Demikian juga kalau akan menyimpan objek Mahasiswa, maka program harus melakukan proses untuk mengkonversi objek Mahasiswa menjadi data yang dapat disimpan ke dalam table-tabel tersebut…

Cukup dulu untuk hari ini…😉

 

2 Responses to Journey to Hibernate (part 1)

  1. lupusinside (princefafa) says:

    Wah ini yang aq tunggu tunggu hehehehe, habis kelamaan baca tutorial versi inggrisnya. Kapan nih tulisan selanjutnya

  2. vyor says:

    bravo java !!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: