Membangun GUI dengan Netbeans

Ini ada video tutorial bagaimana menggunakan Netbeans untuk membuat GUI. Video tutorial ini udah saya posting di kumpulan artikel di netbeans.org. Video tutorialnya dibagi beberapa file, mudah-mudahkan bermanfaat bagi pemula..

gui.JPG

Lihat Semua…

Lihat juga Java Video Tutorial

77 Responses to Membangun GUI dengan Netbeans

  1. Nuhajat says:

    Saya BAngga loh.. masih ada orang yang mau menyumbangkan Hasil Karyanya..untuk Saling berbagi Ilmu Meskipun Saya Belum Download,, Saya yakin Video Tutorial pasti bermanfaat banget./,maju Terus Bang… Thank`s.. For Alll

  2. hendrosteven says:

    Thanx atas dukungannya.. semoga saya juga tetap dapat memberikan kontribusi :)

  3. selvy says:

    hen saya br mo mulai bljr java& wkt sy search, sy dptin web km ini… sy pgn download video tutorial km..sy hrs ke link mana ya untuk download?
    thx bgt ya.. :)

  4. hendrosteven says:

    hallo Selvy… wah..wah tumben nih ada cewek yang mo belajar Java :D Selamat belajar deh dan tetap smangat dan berusaha ya..
    Untuk videonya bisa di download di
    http://www.netbeans.org/kb/55/quickstart-gui_id.html

  5. Sen says:

    hello.. thanks lo tutorialnya =)
    ni saya lage mo buat applikasi tapi masi bingung buat interface pk netbeans 6.
    bisa bantu?? bingung ne mo ngatur dari satu form ke form laen (misalnya user klik next atau previous).
    bisa bantu?? ><
    Thanks =)

  6. hendrosteven says:

    Untuk Sen.. tentu pasti saya bantu :D tapi pertanyaannya lebih jelas dunk

  7. Sen says:

    ups.. sorry2..
    ni saya benernya mo buat program java application, tapi masi bingung mo pindah dari satu form ke form laen. apa harus buat setiap form pisah, terus ntar digabung di satu java class (main class).
    soalnya klo pk netbeans 6 masi bingung gimana caranya, biar satu form and form laennya bisa sama (kaya lebar, tinggi, terus menu) yg beda cm isinya. ada yg suggest pake tab pane (tapi kynya jadi aneh designnya).

    design form paling depanku, ada 4 button, nah tiap button nti masuk ke form (misalnya transaksi, database, laporan) terus di form2 itu saya mo pake button buat go next, previous n back to main menu. nah di atasnya ada menubar yg di all form sama smua (file sama help).

    terus satu lage yg saya masi bingun buat windownya not resizeable ama mo dicenter tiap kali run. soalnya waktu preview design tiap kali posisi window ma ukuran berubah, klo di run lage masi sama posisi ma ukuran ky waktu dirubah sebelumnya (jadi kan ribet klo harus mbenerin klo nga sengaja kerubah hehe). ada yg suggest di setResizeable(false) tapi di netbeans 6 nga bisa >< uda coba manual tetep sama..

    tolong bantu ya.. =)
    Thank you

  8. dwi_aisyalwa says:

    wah, saya ne pemula banget yang pake netbeans…
    saya dah coba download file tersebut mas,tapi sayang sekali gui4 dan gui5 tidak bisa didownload. kenapa ya???saya sangat berterima kasih kalo mas mau mengirimkan file tersebut spesial langsung ke mail saya…thx ya mas, dah berbagi ilmunya..

  9. hendrosteven says:

    Hallo Dwi.. wah saya minta maaf tidak dapat memenuhi keinginan kamu :( soalnya ukuran filenya diatas 10 Mb, jadi tidak mungkin dikirim lewat email.. sekali lagi maaf ya… Tetap smangat belajarnya!!!

  10. ary firnada says:

    thank’s ya saya sangat senang karna mas hendrosteven mau membagikan ilmunya buat khlayak ramai…dan tentunya untuk perkembangan dunia pendidikan di indonesia…o ya saya bingung ne coalnya saya kpingin belajar buat aplikasi sederhana dengan pemrograman java..tpi,saya sangat kurang x dapeting modulnya…mas hendro bisa bantuin saya….

  11. Hendro Steven says:

    halo juga mas ary firnanda.. bahan untuk belajar Java diinternet sangat melimpah :D mungkin salah satu tempat yang sangat baik untuk belajar bisa di http://www.javapassion.com/ atau coba aja search di google pasti buaaanyaak banget :D Tapi biasanya belajar Java lebih baik dimulai dar belajar OOP. Saran saya biar progress belajarnya cepat mending cari tempat training Java terdekat. Karena pengalaman saya banyak yang pingin belajar Java bingung harus mulai dari mana.

  12. Hendro Steven says:

    Buat sen aku udah buat tulisan tuh mengenai bagaimana membuat Frame tampil di tengah layar. Terus kalo kamu punya banyak Form lebih baik gunakan MDI Form. Aku juga udah buat video tutorial untuk itu.

    happy coding :)

  13. zaki says:

    mas aku mau tanya gimana caranya menampilkan isi web di netbeans gui../form

  14. Hendro Steven says:

    Halo Zaki,
    biasanya isi dari sebuah halaman web adalah diambil dari database. Nah kalo begitu untuk menampilkan isi database ke gui/form atau lebih tepat java swing, kita hanya butuh belajar JDBC dan tentunya Java Swing itu sendiri. JDBC adalah API Java untuk membuat aplikasi database dan tentunya bukan hanya untuk database di swing saja tapi untuk web juga menggunakan JDBC.

    semoga membantu :)

  15. mr.awam says:

    gimana sih cara bikin aplikasi yang sederhana???
    saya ga tau cara mengawalinya.

  16. Hendro Steven says:

    hallo mr.awam

    aplikasi sederhana yang anda maksud apa ya?
    contoh pada tulisan ini juga termasuk aplikasi sederhana :) disini diajarkan bagaimana membuat user interface pake Netbeans matisse. Dicoba dulu deh pasti mudah :D

  17. alfan says:

    mas hen aku mau mbuat skripsi, tapi gimana ya mbuat mdi form di netbeans soale biasane aku pake delphi.

  18. Andry says:

    Halo mas Steven slm knl y??? oh y mas sy dh nyoba bkn program database sederhana yng mas ajarin tp sy sdkt bingung waktu pgn bwt tombol update n searchnya, kira2 mas bs bantuin sy gak??? Makasih n sukses y bwt mas Steven..:)

  19. Hendro Steven says:

    hallo mas Andry,
    coba baca tulisan saya yang lain mengenai Database
    http://hendrosteven.wordpress.com/2007/10/18/membuat-aplikasi-database-sederhana/
    terus baca juga commentar dibawahnya. Apa yg anda butuhkan ada disitu :D

    happy coding

  20. Via07 says:

    akhirNya saya tmukan juga…..link ini…..
    trimakasih ya mas…atas tutorial nya….saya ini baru mau blajar java… tapi susah banget klo blajar dari buku…mohon bimbingannya ya…..tolong sering-sering upload lagi ya…tutorial java dengan netbeans…thanx before ….good luck…Mas Steven

  21. Hendro Steven says:

    Halo via thx atas dukungannya :)

  22. Pingback: Membuat Aplikasi Database Sederhana « Hendro Steven’s Weblog

  23. mukti says:

    Malem Mas Hendro..

    Saya juga mulai tertarik dengan java bean, mau belajar lebih serius. Seblumnya saya suka buat prgrm sederhana dg accses, tp ingin yg lebih canggih/bagus. Saya coba cari2 mengenai java bean ini di toko buku, tp kurang puas. belum ada buku yg mengupas pembuatan prgrm utuh dg java beans ini..

    Apakah cd tutorial mengupas tentang :
    1. kegunaan java beans secara singkat
    2. koneksi ke database
    3. pembuatan program aplikasi spt inventori, payrol, etc…print report etc…
    maap ya mas kepanjangan nanya nya, mungkin udh pernah ditanya sebelumnya.

    terima kasih sebelumnya

  24. Hendro Steven says:

    Malem juga mas Mukti :)
    Yap CD Video tutorial itu membahas semua yang mas Mukti tanyakan.

  25. mukti says:

    Trima kasih..

    sy mo pesan cd 1 dan 2, cuma saya ga punya scaner, kalo saya fax aja bukti transfer bisa ga atau bagaimana…?

  26. Hendro Steven says:

    Halo mas Mukti..
    gak usah repot2 difax :) asalkan setelah transfer langsung konfirmasi by email ke hendro_steven@yahoo.com atau sms ke 081390989669

  27. farazinux says:

    Mas… gimana ya… caranya membuat seperti MDI Child di NetBeans? thanks….
    Eh…. kalau bisa kirim tutornya ke email saya ya… di farazinux@gmail.com

  28. Hendro Steven says:
  29. sakinahmad says:

    Wah akhirnya aku nemuin juga video tutorial java aku ijin sedot ya…..
    hatur nuhun….

  30. Hari W says:

    Mas Hendro,
    Saya sangat tertarik dengan tutorial membangun GUI dengan Netbeans yang anda tulis. Tapi bisa ga? klo tutorial berikutnya jumlah kelas dari aplikasi di atas dibagi menjadi 3 :
    1 . Kelas Boundary = terkait user-interfce yang menampung data dari user
    2 . Kelas Control = terkait dengan proses pengolahan data.
    3 . Kelas Entity = terkait dengan proses data base.
    Terimakasih.

  31. Hendro Steven says:

    halo Hari W :) terima kasih atas komentarnya…
    mungkin bisa liat di tulisan saya yang lain di
    http://hendrosteven.wordpress.com/2007/10/18/membuat-aplikasi-database-sederhana/

  32. Shiefa says:

    mas ada topik skripsi pake java ga ya..??
    bingung nich, cari topik wat skripsi…
    thx

  33. Hendro Steven says:

    coba kunjungi web http://today.java.net/pub/q/articles
    disitu banyak artikel yang bisa dijadikan materi skripsi

  34. AJI says:

    mas mo nanya, Gmn koding nampilkan data di tree dari data base. trims…..

  35. AJI says:

    mas mo nanya, Gmn koding nampilkan data di tree dari data base pake netbeans. trims…..

  36. iorinovellis says:

    mas, netbeans kan dah ada forum nya tu dan kita dah bisa masukking tulisan(project) buat di jadiin tutorial tu, tap kalo saya misalnya beli domain pake nama netbeans.info misalnya, setelah itu saya jadikan seperti website buat netbeans nya programmer java indonesia yag tentunya berbahasa indonesia dong, gak masalah lah tu kan mas,…makasih

  37. Hendro Steven says:

    gak masalah

  38. Jack says:

    Makasih Pak…
    berguna sekali tutorialnya :)

  39. Aqila says:

    Mas,
    Gimana cara menampilkan hasil input ke JTextField ?
    Misal :
    private void btnTambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
    a = Integer.parseInt(txtBil1.getText());
    b = Integer.parseInt(txtBil2.getText());
    hasil = a + b;
    }

    private void txtHasilActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
    // ???? Gimana
    }

    Terima kasih atas bantuannya mas,..

  40. rendy_cool says:

    awah,,thank’s banget neh buat vidionya,,,,scra,,,nyari kesana kemari ga dapet2,,yang ada berbayar,,hehehe,,,,maklumah orang yang tak punya neh,,,,

    thank you bro’,,,,
    klo bisa yang laen juga,,,kayak menampikan data mysql ke JTabel,,,,!!!

  41. Nu_biten_Q says:

    Nuhun pisan kang…
    JAVA teh susah-susah tp susah…mudah2an bs bantu kami ya.. ketinggalan bgt mas AQ..
    Kalo lihat tutor dr netbinnya rada gelap mas, maklum english nya gagap..
    Pesan CD teh kmn?? brp??

    Nuhun kang

  42. aditya says:

    mas saya ko gagal terus ya konek ke mysql pake netbeans 6.1..kan qt ga prlu add driver lagi klo konek pake netbeans 6.1..bener ga?..yg bikin error itu koding yg”Class.forname(“com.mysql.jdbc.Driver”);”..kata netbeans nya tu class not found gtu…thx for your help

  43. deqick says:

    mas mo ikut belajar java, kemasin saya mencoba mengikuti vidio tutorial membangun gui tapi kendalanya setelah selesai data basenya g’bisa kesimpen, ketika di save bisa nyimpen tapi setelah aplikasi di tutup trus di buka lagi sudah g’ada data yang barusan di masukkan atau yang di delete juga kembali lagi, mohon bantuanya, tank’s

  44. Hendro Steven says:

    mmmm.. kok bisa gitu ya??? :( apa mungkin databasenya setingannya berbeda???

  45. Hendro Steven says:

    Halo mas Aditya,
    Iya memang gak perlu add driver lagi ke Netbeans tapi perlu di add ke projectnya.. udah blum?

  46. nurhidayat says:

    salam kenal mas…
    mohon tutorial or pdf membangun aplikasi sederhana penjualan pakai netbean???email ku nhidayat76@yahoo.co.id

  47. chuz says:

    mr Hendro tambah lagi donk tutorialnya…

  48. HackerMpia says:

    wah download di Netbens bisa tekor nih aku capek deh gede amat :P

  49. miftah says:

    semoga ilmunya manfaat ya……my god bless you….

  50. HAIRUL says:

    Gmn jalanin file swf nya ( file video tutorialnya )

  51. tira says:

    mas,saya dah belajar dikit pake netbean,saya skrg dapat KP mo buat payroll gt,taus integrasi sm HR,mas kira2 bisa bantuin ngk kira2 buat perhitungan potongan pajak dsb gimana caranya ya mas?
    trus formnya bagusnya kaya gimana ya mas?
    paling bgs bwt ap saya ini netbean versi berapa mas?
    tlg d bls ya mas email saya tira_kcus@yahoo.com,di tunggu ya mas,emergency,thanx:)

  52. cad_enter says:

    salam kenal mas,
    mau tanya soal cara jalanin file swf di netbeans gmn ya?
    tolong dong sertain juga coding nya.
    dan tolong dikirim tutorialnya ke email saya ya mas..
    mohon bantuannya.

  53. afsya says:

    orang yang kaya gini nih yang banyak ilmunya tp kaga pelit…salut deh moga tambah kebaikan buat mas…bukannye kaya pejabat yang otak udang yang bisanye cm pada korum doank….

  54. barus87 says:

    mas, klo buat ngesearch data yang udah qt input gmn?

  55. Ali elnasier says:

    Akhirnya aku temukan guru online java Ku
    Thanks ….

  56. abie says:

    hatur nuhun, terima kasih bgt mas bwt ilmunya…

  57. Pingback: Welcome to My Blog « Abdul Jabar T I_C

  58. upe says:

    mas sy mo buat program aplikasi seperti billing tp tdk menggunakan harga karena program yg akan sy buat itu hanya digunakan untuk mengkuci dekstop saja..kebetulan sy bekerja di salah satu sekolah di kota sy..naha sy ingin mengunci semua komputer di sekolah dan hanya orang2 yg punya password untuk login sj yg bisa menggunakan komputer itu..out put nya sy ingin ada laporan nama pengguna+jam penggunaan..tp sy bingung karena sy bnr2 baru dalam hal pemograman..sy ingin belajar..dan bhs pemograman yg sy pilih java..mas bisa bantu sy ga langkah demi langkah ato flowchart itu program sy itu..trimakasih atas sharing ilmunya..

  59. Hendro Steven says:

    @upe: dari pada ribet develop aplikasi billing pake yang free aja buanyak: http://bestfuture.wordpress.com/2008/02/13/software-billing-warnet-gratis/

    kalo cuman butuh kunci desktop, harganya di buat 0 atau mungkin ada setingan paymentnya dibuat free :)

  60. putri says:

    saya mau nanya dong,
    sintaks untuk tombol print apa ya?
    jadi saya ingin mengeprint tampilan yg ada di netbeans beserta tabel yg ada di database hanya dengan mengklik tombol print ke printer
    mohon bantuannya :)

  61. Hendro Steven says:

    @Putri: Untuk reporting, coba pelajari jasperreport :)

  62. craz says:

    pak kok vidionya ga ada yah…..

  63. nopi says:

    bisa minta alamat fb nggak……biar tambah akrab……kirim ke e-mail q ya….

  64. Budi Cahyono says:

    Cara biar kelihatan Profesional itu gimana kalau mengcoding suatu aplikasi java ??? , dengan memperhatikan efektifitas code program itu ???. Tips and triksnya biar kelihatan profesional dan enggak aburadul ??? ;)

  65. Hendro Steven says:

    kalo di Java OOP harus matang.. kemudian terapkan Design Pattern ;) misalnya DAO, MVC, IoC, dan lainnya..

  66. dhani says:

    saya minta video tutorialnya ya mas…..

  67. cold says:

    mas hendro,,,,, ko videonya ndak ada y…?????????? :-\

  68. ikhwan says:

    Kok video ga mau di sedot nih

  69. phrmd says:

    mas sy mw download videonya, tp kok url not found mas?bs dkshtw linknya skrg kyk gmn mas?mhn d email ke 09.5997@stis.ac.id
    mksh mas

  70. Hendro Steven says:

    filenya gede bos.. gak bisa by email

  71. Hendro Steven says:

    urlnya udah dihapus bos :(

  72. Daniel Rivai says:

    mas.,.
    gmna cara koneksi di netbeans kalau inputan yg qta kasih itu suara.,
    karena project kami ntu menjalankan perintahnya dengan sensor sound.,.
    thx ya mas.,.

  73. Daniel Rivai says:

    oia mas.,
    klu bza krimkan file tutorialnya ya mas.,
    ke email local saya.,
    if10035@students.del.ac.id

    thx ya mas.,.,

  74. Febri says:

    Nice info gan

  75. Hendro Steven says:

    udah dihapus dari hostingnya sepertinya :(

  76. iduy says:

    klo menggunakan SQLite, apakah perintahnya mirip ? koq video nya gak ada?
    klo materi pdf nya ada gak ?

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 114 other followers

